BAGIAN A : ARITMATIKA DAN LOGIKA (30 SOAL)
1.
Jika untuk bilangan-bilangan bulat positif x,
y, dan z berlaku (y + z)/3 < x dan x < y < z < 10, manakah harga (x + y + z) berikut
ini yang tidak memenuhi?
a)
23
b)
20
c)
21
d)
24
e)
22
2.
Budi 4
tahun lebih tua daripada Ahmad yang usianya dua kali lipat usia Cacuk. Jika 6
tahun lagi umur ketiganya dijumlahkan, totalnya adalah 52 tahun. Berapakah umur
Ahmad dan Cacuk jika dijumlahkan sekarang?
a)
18 tahun
b)
15 tahun
c)
23 tahun
d)
16 tahun
e)
22 tahun
3.
Sejumlah 40% siswa kelas XI di SMA Pintar
adalah laki-laki, 55% dari siswa laki-laki tersebut dan dari siswa perempuan berkacamata, jumlah yang tidak
berkacamata adalah 76 siswa. Berapakah perbedaan jumlah siswa laki-laki
berkacamata dengan yang tidak berkacamata?
a)
12
b)
7
c)
15
d)
8
e)
13
4.
Si Nona baru belajar baca dan hitung. Karena
masih belajar membaca ia selalu salah membaca/menulis angka-angka tertentu.
Baginya angka 7 dibaca sebagai angka 1, tetapi ia tidak keliru saat menuliskan
angka 7. Kemudian angka 4 dituliskan sebagai angka 9 tetapi ia tidak keliru
saat membaca angka 4. Sementara angka 5 selalu bertukaran dengan angka 2, dan
angka 6 bertukaran dengan angka 9 baik saat membaca maupun menulis. Berapakah
yang ia tuliskan sebagai jawaban jika dalam soal tertulis 37519 + 4213 = ?
a)
37229
b)
97135
c)
35726
d)
41732
e)
32756
5.
Firaun Denxles II sedang membangun piramide
dari batu-batu berbentuk kubus sebagai berikut. Kubus-kubus disusun mulai dari
tingkat paling dasar ke tingkat lebih tinggi. Satu tingkat baru disusun jika
semua kubus pada tingkat dibawahnya lengkap (kecuali tingkat paling dasar
tentunya disusun di atas tanah). Menurut rencana tingkat paling dasar disusun
dari 15x15 kubus, tingkat berikutnya 14x14 kubus, dan seterusnya hingga yang
teratas adalah 1x1 kubus. Karena terjadi suatu bencana nasional maka
pembangunan piramide dihentikan sebelum waktunya saat kubus ke 1000 dinaikkan
ke susunan. Pada tingkat keberapa pembangunan itu dihentikan (tingkat paling
dasar adalah tingkat 1, di atasnya tingkat 2, dan seterusnya) ?
a)
Tingkat ke 4
b)
Tingkat ke 7
c)
Tingkat ke 8
d)
Tingkat ke 9
e)
Tingkat ke 10
6.
Pada suatu rak buku berderet 10 buah buku
yang bernomorkan terurut dari 1 sampai 10. Tebal buku-buku itu bervariasi.
Sesuai urutan buku tebalnya adalah (dalam mm): 29, 14, 12, 28, 44, 28, 15, 41, 38,
50. Dua pemisah hendak ditempatkan sehingga memisahkan deretan buku menjadi 3
ruas, dengan kriteria total ketebalan buku-buku pada ruas paling tebal adalah
sekecil-kecilnya. Berapa total ketebalan ruas paling tipis?
a)
88
b)
43
c)
84
d)
83
e)
15
7.
Di dalam suatu keranjang terdapat sejumlah
bola kelereng: 5 butir berwarna kuning, 6 butir berwarna biru dan 4 butir
berwarna merah. Dengan ditutup matanya, Adi diminta untuk mendapatkan 3 butir
kelereng yang warnanya sama. Untuk memastikan bahwa ia mendapatkan ketiga
kelereng itu minimal berapa butir kelereng yang harus ia ambil dari keranjang?
a)
3
b)
5
c)
7
d)
9
e)
11
8.
Perhatikan gambar bujur sangkar (persegi)
berikut ini.
Panjang sisi-sisnya adalah 4. Harga x adalah bilangan
positif yang tidak diketahui. Selisih luas antara luas dari area yang diarsir
dengan yang tidak adalah :
a)
4x
b)
(2 + x) / 4
c)
2
d)
(4 – x) / 8
e)
(4 + x) / (4 – x)
9.
Pak Dengklek menerima uang sebesar Rp.
91.000, - dan harus membelanjakan seluruh uangnya itu dengan membeli sekian
banyak bebek dari jenis 1, 2, dan 3. Harga seekor bebek jenis 1 Rp. 21.000,-,
jenis 2 Rp. 25.500,-, dan jenis 3 Rp. 27.000,-. Jika uangnya tersisa maka
selain ia harus mengembalikan uang itu, ia juga harus membayar denda dua kali
uang tersisa. Berapa denda terkecil dari semua kemungkinan yang bisa ia
dapatkan?
a)
Rp. 8500,-
b)
Rp. 7000,-
c)
Rp. 0,-
d)
Rp. 4500,-
e)
Rp. 2000,-
10. Sebuah robot
katak hanya dapat melompat dengan panjang lompatan tepat 10 cm ke arah
utara/selatan atau 20 cm barat/timur saja, tetapi ia tidak bisa berbalik arah
180o dari arah sebelumnya. Jika semula dari posisi (0 cm, 0 cm)
sumbu koordinat, melompat pertama kali ke arah timur atau posisi (20 cm, 0 cm),
diikuti 3 lompatan berikutnya, posisi manakah yang tidak mungkin ia berada
setelah itu?
a)
(0 cm, 0 cm)
b)
(20 cm, 10 cm)
c)
(40 cm, 20 cm)
d)
(0 cm, 20 cm)
e)
(40 cm, 0 cm)
Deskripsi
berikut adalah acuan untuk menjawab pertanyaan 11-13:
Sebuah mesin counter (pencacah) 3 digit dapat mencacah
dari 0 (tertera sebagai 000, semua digit 0) hingga 999 (semua digitnya berharga
9). Normalnya setiap kali tombol ditekan maka bilangan akan meningkat 1. Namun
saat ini mesin itu dalam keadaan rusak. Pada setiap digitnya, saat seharusnya
naik ke angka 3, ia segera melompat ke angka 5 sementara digit sebelah kanannya
(jika ada) mundur satu angka (termasuk jika dari 0 maka mundur dari 9) dan
digit sebelah kirinya (jika ada) naik satu angka (kecuali angka 9 tetap).
Catatan: Kejadian ini dapat terjadi berantai, ketika satu digit menyebabkan
digit sebelahnya berubah ke angka yang seharusnya 3 maka terjadi juga efek yang
sama yaitu lompat ke angka 5.
11. Jika mesin
itu digunakan mulai dari 000 maka berapakah jumlah sebenarnya yang dihitung
saat mesin menunjukkan angka 550?
a)
100
b)
25
c)
530
d)
50
e)
330
12. Manakah dari
bilangan-bilangan berikut ini yang tidak pernah muncul di counter saat
pencacahan dimulai dari 000 dan kurang dari 585?
a)
546
b)
215
c)
570
d)
199
e)
521
13. Manakah dari
bilangan-bilangan berikut yang akan muncul di counter saat pencacahan dimulai
dari 000 dan kurang dari 585?
a)
290
b)
200
c)
170
d)
089
e)
410
Deskripsi
berikut adalah acuan untuk menjawab pertanyaan 14-16:
Operasi modulo “a mod b” akan menghasilkan sisa pembagian
a oleh b.
Misalnya 19 mod 4 menghasilkan 3 karena 19 = 4 x 4 + 3.
Bilangan faktorial n! untuk n bilangan bulat positif,
adalah hasil perkalian semua bilangan bulat dari 1 sampai dengan n. Misalnya 5!
= 1 x 2 x 3 x 4 x 5.
14. Berapakah 1012
mod 13?
a)
12
b)
3
c)
4
d)
9
e)
1
15. Berapakah 12!
Mod 13?
a)
5
b)
9
c)
12
d)
7
e)
11
16. Jika 10! Mod
x = 0, maka manakah dari berikut ini yang tidak bisa memenuhi sebagai x?
a)
14175
b)
2268
c)
1575
d)
2025
e)
3584
Deskripsi
berikut adalah acuan untuk menjawab pertanyaan nomor 17-19:
Enam (6) orang siswa menerima hadiah sesuai berdasarkan
nilai hasil ujian Matematika dan ujian Fisika mereka. Nilai tertinggi yaitu Rp.
6000,- diberikan pada nilai terbaik, kemudian berturut-turut Rp. 5000,-, Rp.
4000,-, dan seterusnya pada nilai terbaik kedua, ketiga, hingga terakhir yang
juga menerima Rp. 1000,-. Dari kedua hasil ujian masing-masing dipastikan
setiap siswa mendapatkan hadiah dari masing-masing mata ujian. Siapa mendapat
berapa tidak dijelaskan, yang diketahui adalah informasi yang menyatakan bahwa:
-
Nilai matematika Gina lebih besar dari Mira
sementara nilai fisika Gina lebih kecil dari Bunga.
-
Nilai matematika Heni lebih besar dari Gina
dan nilai fisika Heni lebih kecil dari Lina.
-
Nilai matematika Cici lebih kecil dari Gina
tapi nilai fisika Cici lebih besar dari Gina.
-
Nilai matematika Mira lebih besar dari Lina
dan nilai fisika Mira lebih besar dari Cici.
-
Nilai fisika Lina lebih kecil dari Gina.
17. Dari
informasi tersebut, banyaknya siswa yang dapat dipastikan tidak menerima Rp.
6000,- dari sekurangnya satu mata ujian apa saja adalah
a)
1
b)
4
c)
2
d)
3
e)
5
18. Dari
informasi tersebut, siapakah di antara mereka yang dapat dipastikan menerima
total hadiah lebih besar dari Lina?
a)
Hanya Gina
b)
Hanya Mira
c)
Hanya Gina dan Heni
d)
Hanya Gina dan Mira
e)
Gina, Mira, dan Heni
19. Siapakah di
antara nama-nama berikut ini yang menerima total hadiah paling besar?
a)
Cici
b)
Gina
c)
Heni
d)
Lina
e)
Mira
Deskripsi
berikut adalah acuan untuk menjawab pertanyaan nomor 20-23:
Seorang pengelana berkeliling dari satu kota ke kota
lain. Kota-kota yang dapat dikunjungi adalah A, B, C, D, E, dan F. Ia menentukan
aturan sebagai berikut. Jika hari ini ia berada di kota A maka besoknya ia akan
pergi ke kota B atau D. Jika hari ini ia berada di kota B maka besoknya ia akan
pergi ke kota D atau E. Jika hari ini ia berada di kota C maka besoknya ia
pergi ke kota D atau F. Jika hari ini ia berada di kota D maka besoknya ia
pergi ke kota E atau F. Jika hari ini ia berada di kota E maka besoknya ia
pergi ke kota A atau C. Jika hari ini ia berada di kota F maka besoknya ia
pergi ke kota B atau E.
20. Pada suatu
hari ia berada di kota A. Berapa hari yang ia perlukan paling sedikitnya agar
ia dapat berada di kota A kembali dengan syarat ia harus sempat melalui C
minimal satu kali?
a)
7
b)
6
c)
3
d)
8
e)
4
21. Jika ia dari
A kemudian selanjutnya ia memutuskan tidak akan pernah kembali ke kota A dan
tidak akan pernah pergi ke kota F, maka 5 hari kemudian di kota manakah ia
mungkin berada?
a)
E dan B
b)
E dan C
c)
D dan C
d)
D dan E
e)
B dan C
22. Pada suatu
hari ia berada di kota A, 3 hari kemudian ia berada di kota-kota ini, kecuali?
a)
F
b)
A
c)
E
d)
D
e)
C
23. Jika pada
hari Minggu ia berada di A kemudian 2 hari selanjutnya (hari Selasa) tidak
berada di F dan besoknya lagi (hari Rabu) tidak berada di C, kota manakah dari
berikut ini yang ia tidak akan mungkin berada pada keesokan harinya (hari
Kamis)?
a)
B
b)
D
c)
E
d)
F
e)
C
Deskripsi
berikut adalah acuan untuk menjawab pertanyaan nomor 24-26:
Ada 3 wanita, yaitu A, B, dan C. Berikut ini adalah
sejumlah informasi mengenai mereka:
[1]
Ada 2 orang yang cerdas, 2 orang cantik, 2
orang artistik, dan 2 orang kaya.
[2]
Tiap orang hanya mempunyai sifat di atas
paling banyak 3 macam.
[3]
Mengenai A diketahui bila dia cantik maka dia
kaya.
[4]
Mengenai B dan C bila dia cantik, maka dia
artistik.
[5]
Mengenai A dan C bila dia kaya maka dia
artistik.
[6]
Dari A dan B bila dia cantik maka dia tak
cerdas.
[7]
B dan C cerdas.
24. Siapa yang
miskin?
a)
A
b)
B
c)
C
d)
A dan B
e)
B dan C
25. Siapakah yang
hanya memilikik tepat dua sifat dari sifat-sifat yang disebutkan pada informasi
[1]?
a)
B
b)
A dan C
c)
A
d)
B dan C
e)
C
26. Siapakah yang
sudah cantik, juga cerdas?
a)
A
b)
B
c)
C
d)
A dan C
e)
B dan C
Deskripsi
berikut adalah acuan untuk menjawab pertanyaan nomor 27-30:
Di suatu sekolah ada 5 siswa: A, B, C, D, dan E. Mereka
harus memilih ekstrakurikuler, salah satu dari jenis olah raga: bola basket
atau bola voli, dan salah satu dari bidang kesenian musik atau melukis.
- Di antara
mereka ada 3 siswa yang memilih bola basket dan dua orang yang memilih musik.
- A dan C
memilih jenis olah raga yang sama.
- D dan E
memilih jenis olah raga yang berbeda.
- B dan E
memilih bidang kesenian yang sama.
- C dan D
memilih bidang kesenian yang berbeda.
27. Berdasarkan
informasi di atas, siapa yang dapat dipastikan memilih bola basket dan musik?
a)
A
b)
B
c)
C
d)
D
e)
E
28. Berdasarkan
informasi di atas, siapa saja yang dapat dipastikan apa pilihannya?
a)
A dan B
b)
Hanya E
c)
B dan D
d)
A, B, dan C
e)
A, B, D, dan E
29. Jika tepat
satu di antara mereka disebutkan pilihan-pilihannya secara jelas untuk dapat
menyimpulkan pilihan-pilihan keempat siswa lainnya secara lengkap, maka
siapakah dia?
a)
A
b)
E
c)
B
d)
C
e)
D
30. Jika ada
informasi tambahan, C memilih melukis dan E memilih bola basket maka apa yang
bisa kita simpulkan mengenai pilihan D?
a)
Bola voli dan musik
b)
Bola basket dan musik
c)
Bola voli dan melukis
d)
Bola basket tapi kesenian tidak bisa
disimpulkan
e)
Musik tapi olah raga tidak bisa disimpulkan.
BAGIAN B:
ALGORITMIKA (20 SOAL)
{Peringatan: Seluruh penulisan notasi
algoritma menggunakan Pseudopascal}
31.
Perhatikan potongan program berikut ini:
{x dan y bertipe integer}
x := 3;
y := 4;
x := x + y;
Nilai variabel x setelah eksekusi operasi x := x + y
adalah
a)
3
b)
34
c)
7
d)
4
e)
xy
32.
Perhatikan potongan program berikut ini:
{x dan y bertipe integer}
x := 3; y := 4;
x := x + y;
y := x – y;
x := x – y;
Nilai pasangan variabel x dan y setelah operasi x := x –
y dieksekusi adalah
a)
x = 3, y = 4
b)
x = 4, y = 3
c)
x = -1, y = -1
d)
x = 3, y = -1
e)
x = 7, y = 3
33.
Perhatikan potongan program berikut ini
{x dan y bertipe integer}
x := 5;
x := 10;
if ((2*x)=y) then
begin
x := y – 1;
end;
Nilai variabel x setelah potongan program di atas
dieksekusi adalah
a)
10
b)
9
c)
5
d)
4
e)
-1
34.
Perhatikan potongan program berikut ini:
{x dan y bertipe integer}
x := 10; y := 10;
x := x*x; y := x;
if (x<y) then
x := y – 1
else if (x>y) then
x := y + 1
else
x := x div x;
Nilai variabel x setelah potongan program di atas
dieksekusi adalah
a)
10
b)
99
c)
11
d)
100
e)
1
35.
Perhatikan fungsi berikut ini:
function ndec(n:integer): integer;
begin
if (n=0) then ndec := n*ndec(n-1)
else ndec := 1;
end;
Nilai kembalian pemanggilan fungsi ndec(5) adalah
a)
120
b)
24
c)
15
d)
720
e)
1
36.
Perhatikan fungsi berikut ini:
function tail(x, y: integer): integer;
begin
if (y=0) then tail := x else tail := tail(y, x mod
y);
end;
Fungsi rekursif di atas ekivalen dengan fungsi...
a)
function tail(x,y: integer): integer;
var z: integer;
begin
while (y <> 0)
do
begin z := x mod y; x
:= y; y := z; end;
tail := x;
end;
b)
function tail(x, y: integer): integer;
var z: integer;
begin
while (y <> 0)
do
begin z := x mod y; x
:= y; y := z; end;
tail := z;
end;
c)
function tail(x, y: integer): integer;
begin
if (y=0)
then tail := y
else tail := tail(y,
x mod y);
end;
d)
function tail(x, y: integer): integer;
begin
if (y=0)
then tail := x;
else tail := tail(y
mod x, y);
end;
e)
funtion tail(x, y: integer): integer;
begin
if (x=0)
then tail := x
else tail := tail(y,
x mod y);
end;
Fungsi berikut ini untuk acuan dalam menjawab pertanyaan
37-38:
function move(n: integer): integer;
begin
if (n=1) then move := 1 else move := 2 * move(n-1)
+ 1;
end;
37. Nilai
kembalian pemanggilan fungsi move(16) adalah...
a)
31
b)
1
c)
32768
d)
65535
e)
33
38. Untuk semua
nilai n bilangan bulat positif, nilai kembalian pemanggilan fungsi move(n)
ekivalen dengan...
a)
2n-1
b)
2(n-1)
c)
2(n-1) + 1
d)
2(n-1)
e)
2(n-1) + 1
Fungsi berikut menjadi acuan untuk menjawab pertanyaan
no. 39-40:
procedure pagar(n: integer);
var k: integer;
begin
k := n;
while k > 0 do begin
write(‘#’);
k := k - 10; {update harga k}
end;
end;
39. Jika
banyaknya karakter ‘#’ yang dicetak sebagai fungsi dari N (dengan harga N cukup
besar) maka fungsi itu proporsional dengan bentuk fungsi...
a)
(Log N)2
b)
N2
c)
Log N
d)
N
e)
N log N
40. Jika perintah
“k := k – 10;” diganti dengan perintah “k := k div 10;” maka banyaknya karakter
‘#’ yang dicetak sebagai fungsi dari N (harga N cukup besar) dapat memiliki
bentuk fungsi yang paling proporsional dengan bentuk fungsi...
a)
(Log N)2
b)
N2
c)
Log N
d)
N
e)
N log N
Untuk nomor soal 41-47 perhatikan penjelasan ini
Perhatikan array (larik) berikut. Array tsb adalah array
integer bernama x yang berdimensi satu dan berisikan 15 elemen array dengan
indeks dari 0, 1, ... 9. Isi dari masing-masing elemen array itu berturut-turut
adalah:
I
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
x[I]
|
9
|
5
|
2
|
10
|
1
|
8
|
4
|
3
|
7
|
6
|
Serta, diberikan prosedur-prosedur berikut
const ctr: integer = 0;
procedure tx(a, b: integer);
var tmp: integer;
begin
ctr := ctr + 1; tmp := x[a]; x[a] := x[b]; x[b] :=
tmp;
end;
procedure adukaduk;
var j: integer;
begin
for j := 0 to 8 do if (x[j] > x[j+1]) then tx(j,
j+1);
end;
procedure cetak(i: integer);
var j: integer;
begin
for j := 0 to i do write(x[j], ‘ ‘);
writeln;
end;
41. Jika setelah
prosedur adukaduk dipanggil sebanyak dua kali kemudian prosedur cetak(9)
dipanggil, maka keluaran yang dicetak adalah:
a)
5 9 10 2 8 1 3 4 6 7
b)
2 5 1 8 4 3 7 6 9 10
c)
5 2 9 1 8 4 3 7 6 10
d)
9 10 5 7 4 3 7 6 2 1
e)
9 5 10 2 8 4 3 7 6 1
42. Jika pemanggilan
adukaduk dilakukan n kali, maka tepat pada harga n berapakah x[0] diisi harga 1
untuk yang pertama kali?
a)
7
b)
5
c)
9
d)
4
e)
8
43. Setelah
pemanggilan adukaduk sebanyak 20 kali berapakah harga variable ctr?
a)
200
b)
100
c)
34
d)
25
e)
10
44.
Jika prosedur adukaduk diganti isinya sbb
procedure adukaduk;
var i, j, tmp: integer;
begin
for i := 0 to 8 do begin
tmp := i;
for j := i+1 to 9 do
if (x[tmp] > x[j]) then tmp := j;
if (x[i] > x[tmp]) then tx(i, tmp);
end;
end;
Berapakah harga ctr setelah pemanggilan adukaduk 1 kali?
a)
4
b)
7
c)
9
d)
5
e)
8
45.
Jika fungsi cetak(i: integer) ditulis ulang
sbb.
procedure cetak(i: integer);
begin
if (i >= 0) then
begin write(x[i], ‘ ‘); cetak(i-1); end;
end;
Keluaran hasil dari pemanggilan cetak(9) adalah:
a)
1 6 7 3 4 8 3 10 5
b)
2 5 1 8 4 3 7 6 9 10
c)
6 7 3 4 8 1 10 2 5
d)
5 9 10 2 8 1 3 4 6 7
e)
10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
46.
Jika prosedur adukaduk diganti isinya dengan
yang berikut ini serta dilengkapi satu procedure tambahan:
procedure pingpong(var left, right: integer);
var tmp: integer;
begin
tmp := x[(left+right) div 2];
while left < right do begin
while x[left] < tmp do left := left + 1;
while tmp < x[right] do right := right – 1;
tx(left, right);
end;
end;
procedure adukaduk(l, r: integer);
var l1, r1: integer;
begin
if (l < r) then begin
l1 := l; r1 := r;
pingpong(l1, r1);
adukaduk(l, r1);
adukaduk(l1, r);
end;
end;
Pemanggilan fungsi adukaduk(0,9) akan mengakibatkan isi
array X:
a)
Terurut menurun
b)
Teracak (tidak berpola)
c)
Tetap seperti semula
d)
Semua isinya berharga sama
e)
Tidak berbeda hasilnya jika versi adukaduk
yang semula dipanggil 6 kali
47. Mengacu pada
pertanyaan no 46 sebelumnya, pada pemanggilan pingpong(left, right) akan
terjadi peristiwa:
a)
Membagi array menjadi dua segmen kiri dan
kanan dan setiap segmen data menjadi terurut menaik.
b)
Seluruh elemen array antara left dan right
menjadi terurut.
c)
Membagi array menjadi dua segmen kiri dan
kanan dan setiap elemen array di segmen kiri lebih kecil dari segmen yang di
kanan.
d)
Membagi array menjadi dua segmen kiri dan
kanan dan data di kiri dipindah ke kanan, dan dari kanan ke kiri.
e)
Data dalam array hanya teracak tanpa pola.
Fungsi berkut ini acuan untuk menjawab pertanyaan 48-50
function wah(x, y: integer): integer;
begin
if ((x = 0) and (y = 0)) then wah := 0
else if (x > y) then
begin
if (x > -y) then wah := wah(x-1, y) + 1
else wah := wah(x, y+1) + 1;
end
else
begin
if (x > -y) then wah := wah(x, y-1) + 1
else wah := wah(x+1, y) + 1;
end;
end;
48. Pemanggilan
wah(3,3) menghasilkan?
a)
3
b)
6
c)
9
d)
12
e)
Tidak ada pilihan jawaban yang benar
49. Pemanggilan
wah(-4,2) menghasilkan?
a)
2
b)
4
c)
6
d)
8
e)
Tidak ada pilihan jawaban yang benar
50. Ada berapa
pasangan x dan y yang berbeda di mana wah(x,y) mengeluarkan hasil 3?
a)
6
b)
12
c)
3
d)
8
e)
Tidak ada pilihan jawaban yang benar.
0 komentar:
Posting Komentar